Jumat, 18 April 2008

PAUD

LAMPIRAN 2. CONTOH TABEL MEKANISME KEGIATAN PTM TAP
Perte-muan kegiatan
1 • Orientasi TAP (apa, mengapa dan bagaimana TAP), yang bersumber dari Panduan TAP
• Penjelasan, diskusi, dan penyepakatan skenario kegiatan pembimbingan, termasuk pemberian tugas dan penyerahan tugas TAP
• Berlatih melakukan refleksi serta menemukan, merumuskan, dan menganalisis suatu masalah pembelajaran yang pernah dialaminya
Kerja Mandiri 1: Mahasiswa (1) mempelajari kembali mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK); (2) menemukan permasalahan pembelajaran, merumuskan dan menganalisisnya untuk dibahas pada pertemuan II.
2 • Membahas dan mendiskusikan Tugas Mandiri 1, yang terkait dengan pemahaman substansi PTK serta masalah pembelajaran
• Mahasiswa bersama pembimbing melakukan kajian terhadap materi kurikuler di jenjang pendidikan dasar dan menengah
• Mahasiswa berlatih menganalisis kasus yang dikembangkan oleh pembimbing dengan menentukan:
o Identifikasi masalah
o Menganalisis masalah dengan menemukan kekuatan dan kelemahannya
o Memilih masalah utama penyebab kegagalan atau keberhasilan suatu pembelajaran
o Merumuskan masalah (dalam kalimat pertanyaan atau pernyataan)
Kerja Mandiri 2: Mahasiswa mengembangkan kasus baru
3 • Dengan menggunakan kasus pada Kerja Mandiri 2, mahasiswa mengerjakan Tugas I, yang mencakup:
o Identifikasi masalah
o Analisis masalah dengan menemukan kekuatan dan kelemahannya
o Masalah utama penyebab kegagalan atau keberhasilan suatu pembelajaran
o Rumusan masalah (dalam kalimat pertanyaan atau pernyataan)
• Pembimbing memberikan umpan balik dari Tugas I
4 • Mahasiswa bersama pembimbing melakukan kajian lanjutan terhadap materi kurikuler di jenjang pendidikan dasar dan menengah
• Berdasarkan kasus dari Kerja Mandiri 2, mahasiswa berlatih merumuskan alternatif pemecahan masalah. Dalam merumuskan alternatif pemecahan masalah, mahasiswa bersama pembimbing membahas alasan mengapa alternatif pemecahan masalah tertentu dipilih dan mengkaitkannya dengan beberapa kajian dari aspek:
 Penguasaan Substansi Kurikulum Sekolah:
 Pemahaman Peserta Didik
 Pembelajaran yang mendidik
 Pengembangan Kepribadian dan Keprofesionalan
5 • Dengan menggunakan kasus dari Kerja Mandiri 2 dan hasil tugas I, mahasiswa mengerjakan Tugas II, yaitu:
merumuskan alternatif pemecahan masalah dan menentukan alasan mengapa alternatif pemecahan masalah tertentu dipilih dan mengkaitkannya dengan beberapa kajian/teori dari aspek:
 Penguasaan Substansi Kurikulum Sekolah:
 Pemahaman Peserta Didik
 Pembelajaran yang mendidik
 Pengembangan Kepribadian dan Keprofesionalan
• Pembimbing memberikan umpan balik dari Tugas II
6 • Pembimbing menjelaskan cara memecahkan masalah-masalah pembelajaran dari kasus pembelajaran di SD yang disediakan pembimbing.
• Mahasiswa berlatih dan berdiskusi memecahkan masalah-masalah pembelajaran dari kasus pembelajaran di SD yang disediakan pembimbing.
Kerja Mandiri 3: Mahasiswa ditugaskan untuk memecahkan masalah-masalah pembelajaran di SD beserta alasannya bila disajikan kasus pembelajaran berdasarkan penelitian tindakan kelas.
7 • Pembimbing memberikan balikan atas Kerja Mandiri 3
• Mahasiswa mengerjakan Tugas III: memecahkan masalah pembelajaran dengan disediakan kasus pembelajaran di SD.
• Pembimbing memberikan umpan balik dari Tugas III.
8 • Uji coba mengerjakan contoh soal ujian TAP
• Pembimbing memberikan umpan balik dari hasil uji coba pengerjaan contoh soal ujian TAP
• Pembimbing memberikan orientasi tentang prosedur ujian TAP



1 komentar:

angkatan XVI mengatakan...

dari : rindu
komen: dengan mengerjakan tugas I,II,III mahasiswa dapat membuat sebuah kurikulum yang lebih baik dari sebelumnya